Competition days 2016




 (Suasana peserta di Banking Competition | Photo by : HMJM)

Oleh : Watin Utari & Arif F.
“Mahasiswa adalah agent of change” dari pernyataan tersebut, tentunya mahasiswa yang dimaksud adalah mahasiswa yang berkompeten dan memiliki mental juara. Dengan alasan itulah Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) STIE Perbanas Surabaya mengadakan acara Competition day 2016. Salah satu tujuan acara ini adalah untuk mengembangkan kualitas dan mental juara mahasiswa melalui kompetisi internal. Competition day 2016  adalah acara perdana HMJM untuk periode 2015/2016. Melalui relasi HMJM yakni seperti hmmi (himpunan mahasiswa manajemen indonesia), dan sebagainya, HMJM akan mengirim para juara dari Competition day 2016 untuk berkompetisi diluar kampus dengan level yang lebih tinggi.

 acara Competition day 2016 dilaksanakan selama satu hari saja pada tanggal 9 April 2016 dan dimulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB ini, dipisah menjadi kompetisi tiga konsentrasi yang ada di jurusan Manajemen STIE Perbanas yaitu Banking competion, Marketing Competition  , dan Financial competition yang dilaksanakan secara bersamaan namun dengan tempat yang terpisah.
“Untuk Banking competion ada 3 tahap yaitu tahap banking challenge desain lomba seperti game untuk ke 2 banking competiton ada Customer Service Competition bagaimana menjadi Customer Service cara nanggepin nasabah untuk nasabah sudah di siapkan oleh panitia, dari pihak juri menilai bagaimana respon dari Customer Service sendiri. Yang ke 3 Studi kasus seperti permasalahan perbankan. argumen dari peserta seperti responnya seperti apa nanti dan ada sesi tanya dengan juri seberapa besar pemahaman perbankan”.  Ujar Alfian selaku Ketua Panitia.

Pada Marketing Competition  ada dua tahap,  yang pertama  peserta dibentuk tim untuk mereka berargumen dalam  kasus yang dibeikan panitia dan mereka harus mengungkapkan semua argumen dan dari tim lainnya mereka akan memberikan sanggahan. Juri akan menilai respon dari tim yang diberi sanggahan tersebut. Untuk tahap yang kedua, Ada debat \antar tim dan juri jugaikut berpartisipasi dalam debat tersebut, namun juri akan bersifat netral dalam sesi debat tersebut.
Financial competion dikemas seperti game “Rangking 1” , Mata Peserta akan ditutup dan Panitia akan memberikan soal pilihan ganda sejumlah 30 soal. Dalam sesi ini, peserta akan memberikan jawaban dengan mengangkat salah satu tangan mereka, contohnya untuk memilih pilihan “a” peserta harus mengankat tangan kanan mereka tanpa bersuara dan seterusnya. Untuk tahap ke-2, peserta  akan diberikan permasalahan mengenai keuangan dan peserta wajib menyampaikan argumen mereka mengenai keuangan tersebut. juri juga ikut campur dalam argumen tersebut sert  ikut bertanya kepada peserta untuk mengetahui seberapa dalam ilmu pengetahuan peserta. 

Dalam Competition day 2016, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen menargetkan ada 40 peserta yang mengikuti acara Competition day 2016 pada masing-masing bidang konsentrasi. Namun, peserta yang didapat untuk Marketing Competition hanya mencapai 9 tim, untuk Banking competion  mencapai 36 dan  Financial competion  mencapai 26 peserta.  Para peserta yang berpartisipasi dalam acara ini beragam, mulai dari mahasiswa yang masih newbie hingga mahasiswa yang sering berkompetisi di luar kampus. 

“Harapan kita dapat nemu bibit-bibit baru yang mempunyai kemauan untuk mengikuti kompetisi ini. Besar harapan dari kami agar setelah mengikuti Competition day ini semua mahasiswa mau mengikuti lomba-lomba di perbanas maupun di luar perbanas”. Ujar Alfian.

 (Customer Service Competition | Photo by : HMJM)


 (Suasana Financial Competition | Photo by : HMJM)


 (Suasana Marketing Competition | Photo by : HMJM)

Alfian (kiri) selaku Ketua Pelaksana Competition Days 2016 dan Nelaini (kanan) selaku Manajer HMJM












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menyimpan Lensa dan Kamera Pake Dry Box Kedap Udara

Simas (Sistem Informasi Mahasiswa) STIE Perbanas Surabaya dibobol Hacker sakit hati

Tips Mudah Membersihkan Bodi dan Lensa Kamera