Competition days 2016
(Suasana peserta di Banking Competition | Photo by : HMJM)
Oleh
: Watin Utari & Arif F.
“Mahasiswa adalah agent of change” dari pernyataan tersebut, tentunya mahasiswa yang
dimaksud adalah mahasiswa yang berkompeten dan memiliki mental juara. Dengan
alasan itulah Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) STIE Perbanas
Surabaya mengadakan acara Competition day
2016. Salah satu tujuan acara ini adalah untuk mengembangkan kualitas dan
mental juara mahasiswa melalui kompetisi internal. Competition day 2016 adalah
acara perdana HMJM untuk periode 2015/2016. Melalui relasi HMJM yakni seperti
hmmi (himpunan mahasiswa manajemen indonesia), dan sebagainya, HMJM akan
mengirim para juara dari Competition day 2016
untuk berkompetisi diluar kampus dengan level yang lebih tinggi.
acara Competition
day 2016 dilaksanakan selama satu hari saja pada tanggal 9 April 2016 dan
dimulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB ini, dipisah menjadi kompetisi tiga
konsentrasi yang ada di jurusan Manajemen STIE Perbanas yaitu Banking competion, Marketing Competition , dan Financial
competition yang dilaksanakan secara bersamaan namun dengan tempat yang
terpisah.
“Untuk Banking
competion ada 3 tahap yaitu tahap banking challenge desain lomba seperti
game untuk ke 2 banking competiton
ada Customer Service Competition bagaimana menjadi Customer Service cara nanggepin nasabah
untuk nasabah sudah di siapkan oleh panitia, dari pihak juri menilai bagaimana
respon dari Customer Service sendiri.
Yang ke 3 Studi kasus seperti permasalahan perbankan. argumen dari peserta
seperti responnya seperti apa nanti dan ada sesi tanya dengan juri seberapa
besar pemahaman perbankan”. Ujar Alfian
selaku Ketua Panitia.
Pada Marketing
Competition ada dua tahap, yang pertama peserta dibentuk tim untuk mereka berargumen dalam
kasus yang dibeikan panitia dan mereka harus
mengungkapkan semua argumen dan dari tim lainnya mereka akan memberikan
sanggahan. Juri akan menilai respon dari tim yang diberi sanggahan tersebut.
Untuk tahap yang kedua, Ada debat \antar tim dan juri jugaikut berpartisipasi
dalam debat tersebut, namun juri akan bersifat netral dalam sesi debat tersebut.
Financial
competion dikemas seperti game
“Rangking 1” , Mata Peserta akan ditutup dan Panitia akan memberikan soal
pilihan ganda sejumlah 30 soal. Dalam sesi ini, peserta akan memberikan jawaban
dengan mengangkat salah satu tangan mereka, contohnya untuk memilih pilihan “a”
peserta harus mengankat tangan kanan mereka tanpa bersuara dan seterusnya. Untuk
tahap ke-2, peserta akan diberikan permasalahan
mengenai keuangan dan peserta wajib menyampaikan argumen mereka mengenai
keuangan tersebut. juri juga ikut campur dalam argumen tersebut sert ikut bertanya kepada peserta untuk mengetahui seberapa
dalam ilmu pengetahuan peserta.
Dalam Competition
day 2016, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen menargetkan ada 40 peserta
yang mengikuti acara Competition day 2016
pada masing-masing bidang konsentrasi. Namun, peserta yang didapat untuk Marketing Competition hanya mencapai 9
tim, untuk Banking competion mencapai 36 dan Financial
competion mencapai 26 peserta. Para peserta yang berpartisipasi dalam acara
ini beragam, mulai dari mahasiswa yang masih newbie hingga mahasiswa yang sering berkompetisi di luar kampus.
“Harapan kita dapat nemu bibit-bibit baru yang
mempunyai kemauan untuk mengikuti kompetisi ini. Besar harapan dari kami agar
setelah mengikuti Competition day ini
semua mahasiswa mau mengikuti lomba-lomba di perbanas maupun di luar perbanas”.
Ujar Alfian.
(Customer Service Competition | Photo by : HMJM)
(Suasana Financial Competition | Photo by : HMJM)
(Suasana Marketing Competition | Photo by : HMJM)
Komentar
Posting Komentar